Cara Membuat Website atau Blog Tidak Bisa Di Copas (Anty Copy Paste)

Cara Membuat Website atau Blog Tidak Bisa Di Copas (Anty Copy Paste) – Haiketemu lagi dengan saya dewankomputer dan pada kesempatan kali ini saya tidak akan memposting tentang pemrograman, jadi saya akan memposting tentang cara membuat blog sobat agar tidak bisa di copy paste karena akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan blog-blog yang berisikan artikel copy paste dari blog lain. Hal ini tentu sangat mengesalkan bagi sobat bukan? kita sudah susah-susah dan berjam-jam untuk menulis artikel tapi ternyata dicopas dengan mudahnya. Oleh karena itu saya sedikit membagikan beberapa trik agar website sobat tidak bisa di copy paste.

Ada beberapa cara agar website / blog sobat tidak bisa di copy paste. Salah satunya tentu dengan mematikan klik kanan pada blog sobat. Ada yang mematikan secara keseluruhan dan ada yang mematikan copy paste di artikelnya saja. Namun tentu jika sobat mematikan klik kanan secara keseluruhan akan mempengaruhi tingkat kemudahan / user friendly yang dirasakan oleh pengunjung blog sobat. Oleh karena itu saya rekomendasikan untuk mematikan fungsi copas ini di artikel saja.

Memasang Anti Copas pada Blogspot / WordPress

Untuk trik-trik ini bisa di lakukan baik di WordPress / Blogger ya bahkan juga bisa untuk Website yang dibuat menggunakan HTML/PHP, untuk scriptnya sama saja hanya saja antara WordPress dan Blogger berbeda menunya saja.

1. Menggunakan Javascript

Jika sobat menggunakan Blogger, bisa ke menu Tema > Edit HTML dan pastekan script ini tepat di atas </head>.
Pastekan script di bawah di dalam tag <head>….</head>, scriptnya adalah

Dengan fungsi diatas, pengunjung website tidak akan bisa memblok apapun di blog sobat. Ini tentunya kurang efektif jika blog sobat adalah blog yang berisi tentang tutorial pemrograman karena pengunjung biasanya mengcopy dari script/kodingnya saja. Agar sobat bisa mematikan fungsi copas hanya di beberapa tempat yang diinginkan, sobat bisa membuatnya menggunakan CSS, caranya ada dibawah.

 

 

2. Menggunakan CSS

Setiap website pasti menggunakan CSS untuk mempercantik tampilan, namun CSS ini juga bisa untuk membuat website atau blog sobat tidak bisa di copy paste loh. Ini bisa di lakukan baik di Blogger maupun di WordPress.

Blogger : Sobat bisa ke menu Tema > Edit HTML, cari kata  </style> dan pastekan script CSS tepat di atas </style>, lalu klik Simpan.

contoh :

 

WordPress : Sobat bisa ke menu Appearance > Customize > Aditional CSS, dan pastekan script CSS di dalam box, lalu klik Publish

contoh :

 

Script css yang dipastekan entah di Blogspot/ WordPress adalah sebagai berikut :

– Agar semua tidak bisa di blok

 

 

– Agar yang di artikel saja yang tidak bisa di blok

Jika di blogspot gunakan script dibawah

Jika di WordPress

namun belum tentu template yang sobat pakai menggunakan class entry-content, oleh karena itu sobat bisa mengecek terlebih dahulu class apa yang dipakai dari template blog sobat dengan cara bisa di inspect element pada isi artikelnya dan lihat nama classnya. Ganti .enty-content menjadi class blog sobat contohnya .posts

 

 

– Jika ingin di tempat yang diinginkan saja untuk tidak bisa di blok

Untuk penggunaannya adalah saat sobat ingin memposting artikel, Masuk ke HTML View (Blogger) / Text (WordPress), dan untuk bagian yang tidak bisa di blok sobat bisa tambahan tag HTML <div class=”anti-copas”></div>, seperti dibawah

Contoh :

Tulisan ini bisa di copas.

Tulisan ini tidak bisa di copas.

 

3. Menggunakan Plugin di WordPress

Jika sobat menggunakan WordPress maka banyak plugin yang bisa di gunakan, cara ini mudah karena sobat tinggal instal dan aktifkan saja, namun ada kemungkinan dengan plugin ini membuat web sobat menjadi sedikit berat tapi ini blum pasti juga ya karena saya tidak menggunakan cara ini. Jika sobat ingin mencobanya bisa instal plugin dengan cara :

1. Buka menu Plugin > Add New > ketikkan Copy Protection.

2. Akan muncul banyak plugin anti copas, sobat bisa pilih salah satu saja tidak usah instal semua. Biasanya yang paling populer ada di paling atas. Klik Install Now > Activate dan selesai.

 

 

Cara-cara diatas adalah cara agar website / blog sobat tidak bisa di copas. Namun tetap saja bisa diakali dengan cara Inspect Element / View Page Source. Bahkan sekarang sudah ada yang namanya Auto Blogging / Auto Posting / Auto Crawler atau apa lah namanya, yang intinya orang tidak perlu susah-susah membuat artikel dari awal tapi cukup memasukkan rssfeed dari website yang ingin di copy paste dan selesai. Iya semudah itu sekarang. Jadi jika seperti itu mungkin kita hanya bisa pasrah saja :D.

 

Sekian postigan saya tentang Cara Membuat Website atau Blog Tidak Bisa Di Copas (Anty Copy Paste). Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah. Sampai ketemu pada postingan saya selanjutnya. Sampai Jumpa…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − five =