Cara Membuat dan Mengisi Combobox dengan PHP dan Javascript

Cara Mengisi Combobox dengan PHP dan Javascript – Hai ketemu lagi dengan saya dewan komputer dan pada kali ini saya akan memposting tentang basic html dan php yaitu tentang combobox. Bagi pemula tantu akan bingung cara membuat combobox dan cara mengisinya. Pada postingan ini nantinya saya akan memeberikan contoh basic yaitu combobox statis dan juga combobox dinamis yang mana datanya mengambil dari database. Oke langsung saja tidak usah bertele-tele langsung saya jelaskan bagaimana caranya.

 

Membuat Combobox Statis

Combobox statis adalah combobox yang isinya tetap dan tidak berubah-ubah kerena isinya ditulis melalui hardcode. Berikut adalah cara membuat combobox statis :

Hasilnya akan seperti dibawah :

 

Membuat Combobox dengan PHP

Selanjutnya saya akan memberikan cara menampilkan data dari database ke dalam combobox menggunakan PHP dengan cara standar. Karena kita mengambil datanya dari database jadi nantinya isinya akan dinamis dan dapat berubah-ubah jika isi dalam database berubah. Berikut adalah cara standar yang biasa digunakan pada PHP :

1. Pertama yang WAJIB ada yaitu sobat harus membuat sebuah database. Sobat bisa menggunakan tools bantu seperti navicat, heidi SQL atau lainnya. Sobat juga bisa membuatnya dengan mengakses url localhost/phpmyadmin -> klik tab Database dan tuliskan db_dewankomputer-> Klik tombol Create/Buat.

 

2. Buat tabelnya untuk mengetesnya dengan query dibawah ini

 

3. Isikan tabel provinsi dengan data dibawah ini untuk memudahkan pengetesan

 

4.Buat file koneksi.php yang berfugsi untuk menyambungkan aplikasi dengan database dan isikan dengan kode dibawah

isikan sesuai dengan host, user, password, dan nama database sobat. Untuk contoh di bawah ini saya berinama database dengan nama db_dewankomputer.

Jika sobat ingin tahu cara mengkoneksikan dengan dua database atau lebih dalam satu aplikasi maka sobat bisa kunjungi postingan dibawah ini

Cara Membuat Koneksi dengan Database MySQL bisa Dua atau Lebih Koneksi database/Multiple Connection dalam Satu Host maupun beda Host

 

5. Tulis kode html-nya seperti dibawah

Hasilnya akan menjadi seperti dibawah :

 

Membuat Combobox dengan Ajax

Cara yang terakhir ini saya akan mencontohkan menggunakan javascript Ajax. Untuk actionnya sebenarnya bisa menggunakan api berbagai macam bahasa pemrograman ataupun framework. Namun pada contoh ini saya hanya menggunakan PHP standar. Untuk datanya sama saja seperti cara sebelumnya yaitu data provinsi.

1. Pertama kita buat comboboxnya seperti dibawah ini

 

2. Kemudian kita buat ajaxnya dengan menambahkan kode pada tag <script> seperti dibawah ini

 

3. Kita buat file get_provinsi.php dan isikan dengan script dibawah ini

Jika sudah benar maka hasilnya akan seperti dibawah

 

Pada contoh ini saya hanya akan mencontohkan mengisi combobox standar, namun jika sobat ingin membuat combobox bertingkat dimana saat provinsi terpilih maka combobox kabupaten akan terfilter sesuai provinsi yang dipilih akan saya posting pada postingan selanjutnya. Sekian postingan saya tentang Cara Membuat dan Mengisi Combobox dengan PHP dan Javascript. Jika ada salah kata saya mohon maaf dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Baca juga :

Cara Membuat Combobox Bertingkat Filter Daerah dengan Ajax dan PHP

 

Jika sobat ingin mendownload tutorial diatas maka sobat bisa klik link dibawah ini :

Sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =