Cara Membuat Autocomplete/Suggestion dengan Plugin pada PHP

Cara Membuat Autocomplete dengan Plugin pada PHP – Setelah sebelumnya saya membahas tentang Cara Membuat Autocomplete dengan Ajax dari Database pada PHP, kali ini saya akan membahas tentang membuatnya menggunakan Plugin. plugin yang saya gunakan adalah jqury.autocomplete.min.js yang bisa sobat download disini. Sebenarnya banyak plugin yang bisa digunakan tapi menurut saya ini yang paling bagus.

Autocomplete sendiri adalah suatu suggesti atau saran yang dengan data yang mirip dengan apa yang diketikkan oleh pengguna. Seperti google pada saat ingin search maka akan muncul suggesti yang ingin dicari. Dengan autosuggestin ini tentunya kita menggunakan input text bukanlah select option/combobox. Langsung saja saya berikan contohnya namun sebelum itu kita akan membuat databasenya terlebih dahulu karena kita akan mengambil datanya dari database jadi isinya bisa dinamis.

 

Membuat Database MySQL

1. Pertama yang WAJIB ada yaitu sobat harus membuat sebuah database. Sobat bisa menggunakan tools bantu seperti navicat, heidi SQL atau lainnya. Sobat juga bisa membuatnya dengan mengakses url localhost/phpmyadmin -> klik tab Database dan tuliskan db_dewankomputer-> Klik tombol Create/Buat.

 

2. Buat tabel untuk mengetesnya dengan mengetikkan query dibawah ini pada tab SQL lalu klik tombol Kirim/Go

 

3. Kemudian daripada sobat memasukkan datanya satu-persatu maka sobat bisa jalankan perintah query dibawah

 

Cara Membuat Autocomplete

Berikut adalah cara membuat autocomplete/autosuggest menggunakan plugin :

1. Buat file koneksi.php yang berfungsi untuk menyambungkan aplikasi dengan database sehingga kita bisa memakainya berkali-kali. Isikan dengan kode dibawah

Sesuaikan dengan database yang sobat gunakan.

 

2. Pertama buat file index.php dan pada tag <head> kita tambahkan dengan kode dibawah untuk memasukkan librari css dan jsnya

Karena untuk keperluan demo jadi saya menggunakan css dan js online, namun jika sobat ingin menggunakannya untuk keperluan development maka sobat harus mendownloadnya terlebih dahulu karena nanti tidak akan jalan jika dalam keadaan offline atau sobat bisa mendownloadnya bersama dengan project ini di akhir postingan.

 

3. Untuk mempercantik tempat untuk sugestinya maka kita buat cssnya yang bisa diletakkan antara tag<head> seperti dibawah

 

4. Kemudian masih di file index.php, pada tag <body> kita buat input textnya dengan menambahkan kode dibawah

 

5. Kemudian masih di index.php pada tag <body> paling bawah kita tambahkan kode javascriptnya seperti script dibawah

Penjelasan :

Pada #provinsi menandakan kita akan menampilkan sugesti pada elemen yang mempunyai id=’provinsi’. Pada serviceUrl: “search.php” berarti service yang mengambil datanya berada di file search.php.

 

6. Buat file search.php yang berfungsi untuk mengambil datanya dari database sehingga autocomplete bisa dinamis. Isikan search.php dengan kode dibawah

 

6. Jalankan project sobat maka hasilnya akan seperti dibawah

 

Secara otomatis nanti huruf yang sama dengan yang diketikkan oleh pengguna akan mempunyai warna yang berbeda. Untuk mengubahnya sobat bisa ubah pada cssnya bagian .autocomplete-suggestions strong {}. Untuk mau menggunakan cara ini atau cara sebelumnya yaitu menggunakan Ajax, sobat bisa pilih sendiri dan bisa bandingkan dengan tutorial sebelumnya dan dengan cara sebelumnya juga tentu sobat juga bisa mengcustomnya sendiri.

Sekian postingan saya tentang Cara Membuat Autocomplete dengan Plugin pada PHP. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah dan jika ada kesalahan saya mohon maaf.

Baca juga :

Cara Membuat Autocomplete dengan Ajax dari Database pada PHP

 

Jika sobat ingin mendownload tutorial diatas maka sobat bisa klik link dibawah ini :

Sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya..

 

5 thoughts on “Cara Membuat Autocomplete/Suggestion dengan Plugin pada PHP

  1. sebelumnya terima kasih sudah membagikan pengetahuan… sangat bermanfaat untuk project saya yg sedang dikerjakan. Ijin bertanya, jika ingin menambahkan statement “OR” di query SQL nya , caranya bagaimana kah? misal kita mau cari mahasiswa berdasar nama atau no hp nya.

    saya coba seperti ini :
    SELECT * FROM mahasiswa WHERE nama LIKE ? OR nohp LIKE ? LIMIT 10″

    Namun tidak bisa , apakah ada kesalahan atau ada cara lain? terima kasih.

    1. querynya sudah bener tinggal parameternya yg ‘?’ itu pos ngirim jg harus ditambah “%param%”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =