CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 1 Menampilkan Data Ajax

Cara Membuat CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 1 Menampilkan Data – Hai sobat ketemu lagi dengan saya dewan komputer dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang CRUD lagi tapi kita naik level yaitu dengan menggunakan Ajax. Dengan menggunakan Ajax ini kita juga bisa membuatnya menyimpan data dan menampilkan data tanpa loading. Namun seperti CRUD yang pertama, pada CRUD yang kedua ini juga terbagi menjadi beberapa part dan untuk part yang pertama ini saya akan membahas tentang Cara menampilkan data dengan Ajax. Untuk koneksi databasenya masih menggunakan MySQLi dengan metode Object Oriented. Jika sobat belum mengetahuinya maka sobat bisa membaca dengan klik link dibawah

Cara Membuat Koneksi dengan Database MySQL menggunakan PHP

Sekali lagi saya sarankan jika sobat sudah terlanjur membuat aplikasi membuat mysql_query maka ubahlah menjadi mysqli_query atau PDO karena cara itu sudahlah tidak aman. Dan untuk langkah untuk mengeksekusi querynya menggunakan prepare statement dan bind param. Seperti apakah itu nanti akan saya jelaskan pada tutorial dibawah.

Membuat Database MySQL

1. Pertama yang WAJIB ada yaitu sobat harus membuat sebuah database. Sobat bisa menggunakan tools bantu seperti navicat, heidi SQL atau lainnya. Sobat juga bisa membuatnya dengan mengakses url localhost/phpmyadmin -> klik tab Database dan tuliskan db_dewankomputer-> Klik tombol Create/Buat.

2. Buat tabel untuk mengetes nantinya apakah benar-benar terkoneksi atau belum dengan mengetikkan query dibawah ini pada tab SQL lalu klik tombol Kirim/Go

 

3. Isikan data pada tbl_mahasiswa dengan mengetikkan query dibawah ini

 

Menampilkan Data dari Database MySQL dengan Ajax

Untuk mempercantik tampilan saya menggunakan bootstrap 4 dan datatables. Langsung saja saya berikan tutorialnya yaitu :

1. Pertama buatlah folder pada htdocs, pada contoh saya beri nama folder dewan-crud-ajax.

2. Buatlah file koneksi.php pada folder project sobat dan isikan dengan script dibawah

isikan sesuai dengan host, user, password, dan nama database sobat. Untuk contoh di bawah ini saya berinama database dengan nama db_dewankomputer.

Jika sobat ingin tahu cara mengkoneksikan dengan dua database atau lebih dalam satu aplikasi maka sobat bisa kunjungi postingan dibawah ini

Cara Membuat Koneksi dengan Database MySQL bisa Dua atau Lebih Koneksi database/Multiple Connection dalam Satu Host maupun beda Host

 

3. Buat file auth.php untuk membuat otentifikasinya dan untuk keamananya. Isikan dengan kode dibawah

Catatan :

Nama file bisa terserah sobat, jika sobat sudah memiliki file yang mirip dengan ini maka sobat bisa tambahkan saja di file tersebut. Karena pada contoh kali ini tidak ada session loginnya maka tidak ada pengecekan otentifikasi login, namun jika pada aplikasi sesungguhnya maka alangkah baiknya untuk ditambahkan pengecekan sesi login.

 

4. Buatlah file index.php pada folder sobat dan isikan dengan script dibawah ini

Di paling atas atau pada baris pertama diatas tag <html> kita tambahkan baris berikut untuk membuat session csrf_token dan pengecekan login (jika ada)

Pada tag <head>

Karena kita menggunakan Ajax maka kita perlu csrf token untuk membatasi siapa saja yang bisa mengakses url. Ini berfungsi untuk keamanan dalam pertukaran datanya.

Kemudian tambahkan css untuk mempercantik tampilan pada contoh kali ini saya menggunakan bootstrap.

Bootstrap digunakan untuk mempercantik tampilan dan juga tombol. Fontawesome digunakan untuk menampilkan logo pada tombol dan datatable digunakan untuk mempercantik tampilan tabel dan membuat search, pagination, kolom warna warni dll.

Pada tag <body> bagian bawah isikan

Karena ini hanya demo maka saya menggunakan css dan js online. Jika untuk kepentingan development disarankan untuk mendownload terlebih dahulu librarinya atau nanti sobat bisa download project di akhir postingan.

Pada tag <body> isikan script dibawah

 

5. Masih di index.php, paling bawah tambahkan javascript pada tag <body> dengan code dibawah ini

Penjelasan :

– Pada kode dibawah adalah untuk mengirim csrf token saat menggunakan Ajax. Sobat bisa menempatkan kode ini pada main.js yang mana file tersebut kita indludekan di setiap file sehingga kita tidak perlu menambahkan kode ini pada setiap file atau pada setiap Ajax. Cara ini lebih memudahkan kita karena kita hanya sekali menuliskan kode dibawah. Kode ini adalah kode yang akan dikirimkan setiap kita membuat ajax.

 

6. Buat file data.php yang berfungsi untuk reload data menggunakan ajax sehingga aplikasi sobat tidak perlu loading saat menyimpan data atau ada data update. Isikan data.php dengan script dibawah ini

 

7. Untuk keamanan karena kita menggunakan header pada ajax, kita perlu membuat file csrf.php kemudian isikan dengan script dibawah

Catatan :

– Jika setelah ditambahkan csrf terjadi error dengan pasan ‘No CSRF Token’ berarti sobat belum mengirimkan csrf saat membuat ajax. Script saat mengirimkan seharusnya ada pada main.js atau file php menggunakan kode $.ajaxSetup().

– Jika sobat sudah mengirimkan dan masih ERROR yang sama mungkin kasusnya seperti yang pernah saya alami, pada ajaxSetup saya mengirimkan Csrf-Token namun yang terkirim malah csrf-token, sehingga sobat harus mengganti pada kode $headers[‘Csrf-Token’] menjadi $headers[‘csrf-token’].

-Sedangkan jika sobat mengalami error Wrong csrf token berarti token yang dikirimkan tidak sama, mungkin penyebabnya sessionn belum dimulai sehingga sistem membuat session cesr_token baru. Untuk kasus inisobat perlu menambahkan kode session_start();

 

8. Jika sobat jalankan http://localhost/dewan-crud-ajax/ maka akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah

 

Jika tabel sudah tampil berarti tandanya Ajax sudah bekerja sedang sempurna. Sisanya kita nanti tinggal menjadikan action berjalan. Sekian postingan saya tentang CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 1 Menampilkan Data Ajax. Jika ada pertanyaan atau eror silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Sampai ketemu pada postingan saya selanjutnya. Untuk menambahkan file upload dan menyimpannya menggunakan Ajax sobat bisa kunjungi postingan saya yang lainnya karena itu tidak saya bahas pada CRUD ini.

Baca juga :

CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 1 Menampilkan Data Ajax

CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 2 Insert Data dan Validasinya

CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 3 Update Data

CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 4 Hapus Data

Cara Mengupload Gambar dengan Ajax dan Menyimpan ke Database PHP

 

Jika sobat ingin mendownload tutorial diatas maka sobat bisa klik link dibawah ini :

Sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya..

21 thoughts on “CRUD (Create, Read, Update, Delete) Dengan Ajax Tanpa Loading PHP – Part 1 Menampilkan Data Ajax

    1. tergantung mas yg mau di buat pake ajax apanya
      misalkan simpannya saja ya bikin ajaxnya saat action simpan aja untuk update/delete/show table ngga harus pake ajax jg

  1. Min DK, mau nanya saya kan udah buat nih, tp terkadang saat dibuka di komp lain, (bukan komp yg buat server), dia ga mau ngeinput edit dan delete, jadi saya hapus smua auth dan csrf, tapi sama saja, kadang mau kadang tidak untuk inputnya, itu knapa ya?

    barusan saya baca” lg kodingnya, apa karna pada auth.php, session start nya itu ga ke load, makanya ga mau dia ya?

  2. min , muncul error kek gini nih,
    padahal koding sama semua

    Fatal error: Call to undefined function random_bytes() in C:…\auth.php on line 5

  3. mas, misalkan di form data itu saya punya nilai1,nilai2,nilai3
    dan saya mau kalkulasi ketiga nilai itu dengan rumus rata rata tertimbang
    lalu di kirimkan ke database, setelah itu menampilkan semua data itu ke table. kalo lewat CRUD yang mas bikin itu gimana ya?

    soalnya saya juga belum pernah kalkulasi data lewat php, dan belum nemu contohnya sama sekali. palingan juga nemu (sum) doang lewat query phpnya dan gak pake rumus aritmatika

  4. untuk rata rata tertimbangnya itu
    nilai1 punya bobot 30%
    nilai2 punya bobot 40%
    nilai3 punya bobot 20%

    jadi kalo pake rumus biasa itu

    nilai1 = (jumlah nilai yang diimputkan) * 0,3
    nilai2 = (jumlah nilai yang diimputkan) * 0,4
    nilai3 = (jumlah nilai yang diimputkan) * 0,2

    rata2= (nilai1 + nilai2 + nilai3)/3

    nah tapi saya gak tau masukin rumusnya kayak gimana

    1. rumusnya biasa mas standar aja seperti itu

      $nilai1 = $_POST[‘txtNilai1’];
      $nilai2 = $_POST[‘txtNilai2’];
      $nilai3 = $_POST[‘txtNilai3’];

      $nilaiBobot1 = $nilai1*0.3;
      $nilaiBobot2 = $nilai2*0.4;
      $nilaiBobot3 = $nilai3*0.5;

      $rata = ($nilaiBobot1+$nilaiBobot2+$nilaiBobot3)/3;

      echo “nilaiBobot1 : ” . $nilaiBobot1.”
      “;
      echo “nilaiBobot2 : ” . $nilaiBobot2.”
      “;
      echo “nilaiBobot3 : ” . $nilaiBobot3.”
      “;
      echo “rata-rata : ” . $rata;

      hasilnya tinggal di insert aja di database nampilin ke tabelnya normal seperti biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + sixteen =