Cara Menginstal dan Menggunakan Composer pada Windows Dengan Mudah

Cara Menginstal dan Menggunakan Composer pada Windows Dengan Mudah – Pada postingan kali ini saya akan memposting tentang cara menginstal composer pada windows dengan mudah. Seperti yang sobat tahu sekarang penggunaan composer sudah sangat-sangat wajib bagi programmer khususnya web. Bisa programmer php murni atau bahkan framework. Namun Composer ini tidaklah terinstal sendiri pada Windows melainkan sobat harus instal manual. Jika sobat belum instal Composer maka saat sobat memanggil perintah composer pada Command Prompt Windows maka tidak akan muncul apa-apa dan hanya muncul tulisan

‘composer’ is not recognized as an internal or external command,
operable program or batch file.

Pesan tersebut akan muncul jika sobat belu menginstal composer. Cara menginstal composer sangatlah mudah. Sobat tinggal mengikuti cara dibawah ini secara step by step :
1. Pertama sobat buka https://getcomposer.org/download/ dan klik Download seperti gambar dibawah

2. Selanjutnya instal seperti biasa maka akan muncul gambar seperti dibawah lalu klik Next

 

3. Kemudian browse file php.exe biasanya ada pada folder C:\xampp\php\php.exe lalu klik Next

 

4. Lalu tunggu hingga muncul tampilan Proxy Settings jika sobat menggunakan proxy maka bisa sobat isi dan jika tidak maka langsung saja klik Next

 

5. Terakhir akan muncul seperti tampilan dibawah dan klik tombol Install dan PASTIKAN LAPTOP TERKONEKSI INTERNET

 

6. Tunggu hingga proses download selesai kemudian klik Next hingga tampilan seperti gambar dibawah lalu klik tombol Finish.

 

Selamat composer sudah terinsall pada komputer sobat. Untuk mengecek bahwa composer sudah terinstall atau belum sobat bisa buka Command Prompt seperti biasa dan ketikkan

composer

Jika composer sudah terinstal maka akan muncul seperti gambar dibawah

Composer sudah terinstal dan sobat bisa mendownload library apapun lewat Command Prompt pada Windows sobat dengan perintah composer yang terpenting laptop sobat terhubung dengan internet.

Contoh Penggunaan Composer

Jika sobat belum pernah menggunakan Composer sebelumnya pasti sobat akan bingung cara penggunaanya. Jika sobat ingin mendownload sebuah library caranya sangat mudah yaitu :
1. Pertama buat nama project pada htdocs pada contoh dibawah saya berinama folder dewan_composer. Lalu dalam folder dewan_composer saya buat lagi folder dengan nama library yang akan dipakai yang berfungsi untuk membedakan jika sobat mempunyai bayak plugin atau banyak folder pada project sobat. Contoh folder excel karena saya akan mendownload library PhpSpreadsheet pada contoh yang saya gunakan.

2. Buka Command Prompt seperti biasa dan ketikkan perintah seperti gambar dibawah dan tunggu hingga proses download selesai

3. Jika ingin menggunakannya sobat hanya perlu menambahkan baris dibawah ini

karena saya menggunakan library PHPSreadsheed maka saya juga perlu menambahkan baris ini

Sekian postingan saya tentang Cara Menginstal Composer pada Windows Dengan Mudah. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah. Jika ada salah-salah saya mohon maaf karena tidak ada manusia yang sempurna.