Cara Memasukkan Koding / Syntax Code pada Postingan WordPress dengan Mudah

Cara Memasukkan Koding / Syntax Code pada Postingan WordPress dengan Mudah – Hai sobat dewan ketemu lagi dengan saya dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang cara memasukkan koding/source code atau syntax code seperti bahasa pemrograman java, php, css, javascript dan masih banyak lagi. Pada contoh yang saya berikan adalah cara yang paling mudah dan paling populer menurut saya. Sobat hanya perlu instal plugin dan terima beres saja.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Crayon Syntax Highlighter. Plugin ini bisa sobat download gratis dan ada banyak pilihan seperti tampilan menyerupai saat sobat menuliskan java di netbeans/eclipse, intellij atau bahkan bisa seperti saat sobat menuliskan di sublime text dan masih banyak lagi.

Langsung saja caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke menu Plugins -> Add New -> Cari Crayon Syntaxt Highlighter -> lalu klik tombol Instal Now pada Crayon Syntaxt Highlighter dan tunggu hingga terinstal.

2. Atau cara kedua yaitu sobat bisa download Crayon Syntax Highlighter pada wordpress.

3. Masuk ke menu Plugins Add New -> lalu pada kolom atas klik tombol Upload Plugin -> lalu upload file Crayon Syntaxt Highlighter yang tadi sobat download berupa .zip file. Jika ukuran file terlalu besar maka sobat harus menambah max. file upload pada php.ini. Jika sobat menggunakan Cpanel coba sobat login ke Cpanel dan masuk ke menu MultiPHP INI Editor -> Pilih direktory -> kemudian pada upload_max_filesize tambah menjadi 4MB atau lainnya lalu klik Apply. Jika sobat menggunakan yang lain maka sobat bisa googling “Cara menambah upload_max_filesize php.ini pada {….}“.

 

4. Jika plugin sudah terinstal, silahkan sobat masuk ke Menu Plugins -> Installed Plugins -> pada Crayon Syntaxt Highlighter klik Activate -> lalu akan muncul kolom tambahan dan klik Setting

 

5. Pada Theme silahkan sobat pilih sesuai kebutuhan sobat. Disana ada banyak pilihan dan untuk yang standar menggunakan Classic, ada juga Eclipse dan Ide lainnya, ada Sublime Text dan juga Visual Studio. Selain itu sobat juga bisa pilih bahasa pemrogramannya seperti php, C#, C++, Java, Python, Delphi, CSS, Java, MySQL, dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan Crayon Syntaxt Highlighter Saat Add New Post

Cara penggunaan juga sangat mudah. Sobat tidak perlu copy paste script setiap sobat posting. Sobat hanya tinggal klik Source Code. Caranya adalah :

1. Buka menu Posts -> Add New -> Buat postingan seperti biasa lalu untuk menambahkan source code klik icon “<>” atau Add Code

2. Lalu akan muncul Pop up Add Code dan copy paste script yang ingin sobat masukkan. Untuk kolom Title sobat bisa masukkan nama file dari source code yang ingin sobat posting. Dan untuk setingan lain seperti tema sobat bisa coba-coba sendiri. Sobat bisa pilih background putih atau hitam. Jika sudah selesai sobat bisa klik Add pada pojok kanan atas.

 

3. Hasilnya akan muncul script sobat dengan background warna abu-abu tapi tenang saja, nanti setelah sobat publish maka backgroung akan berubah menjadi seperti apa yang sobat inginkan.

4. Setelah sobat Publish postingan sobat maka hasilnya akan muncul seperti tampilan yang sobat inginkan. Disini saya menggunakan template Classic dan Sublime Text. Masih banyak Tema yang bisa sobat coba-coba sesuai selera sobat. Karena saya kurang kerjaan hehe… mumpung libur jadi saya posting juga macam-macam tema yang ada pada Crayon Syntaxt Highlighter satu per satu. Jika sobat ingin melihatnya sobat dapat mengunjungi

Contoh Penggunaan dan Tema Crayon Syntax Highlighter

 

Sekian Postingan saya tentang Cara Memasukkan Koding / Syntax Code pada Postingan WordPress dengan Mudah. Jika ada salah kata atau penulisan saya mohon maaf karena tidak ada manuasia yang sempurna. Sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya dan jangan bosan-bosan untuk selalu mengunjungi dewankomputer.com karena saya akan update secara berkala.

2 thoughts on “Cara Memasukkan Koding / Syntax Code pada Postingan WordPress dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =