Cara Menyembunyikan File/Folder pada Sistem Operasi Windows 10 Terbaru

Cara Menyembunyikan File/Folder pada Sistem Operasi Windows Terbaru – Pada kali ini saya akan memposting tentang cara menyembunyikan file pada OS Windows. Apabila anda memiliki file yang rahasia dan tidak ingin orang lain melihatnya maka anda harus tau ini. Sebenarnya semuanya sama saja baik windows 7, 8 , 8.1, maupun 10 namun pada gambar yang saya contohkan adalah windows 10.

Windows 10 untuk saat ini sudah banyak digunakan oleh banyak komputer maupun laptop khususnya di Indonesia. Entah laptop/komputer pribadi, komputer sekolah maupun komputer kantor. Sebelumnya banyak yang menggunakan Windows Vista tetapi karena sudah tidak ada update dan emang mau di terminate oleh Windows jadi banyak yang berganti ke windows 10. Jadi karena itu saya memberikan contohnya di Windows 10 saja karena menamng di windows berapa aja juga sama aja ya pasti kesitu-situ juga.

Langsung saja menuju caranya yaitu :

1. Klik kanan pada file/folder yang ingin disembunyikan. Pada contoh dibawah hanya file yang saya sembunyikan, namun jika sobat ingin menyembunyikan folder caranya sama saja. Selanjutnya sobat pilih Properties

2. Selanjutnya akan muncul dialog box Properties dan pada Attibutes atau kolom paling bawah centang Hidden lalu klik OK

3. Setelah klik ok dan tadaaa file yang sobat sembunyikan tadi sudah hilang. Sobat bisa sembunyikan satu per satu atau bisa juga langsung banyak dengan cara mengeblok terlebih dahulu file-file yang ingin di sembunyikan.

 

Cara menampilkan file yang di sembunyikan atau Hidden files

Setelah file sudah tersembunyikan, dan sobat membutuhkannya kembali, tenang saja karena file tidaklah hilang sepenuhnya karena hanya tersembunyi saja. Cara untuk menampilkan file yang telah disembunyiakn tadi gampang caranya yaitu :

1. Buka Windows Explorer -> Folder dimana file tersebut disembunyikan -> Klik view pada menu navigation Windows diatas centang Hidden items

2. Setelah itu klik di sembarang dan tadaaaa… file yang sobat sembunyikan sudah kembali muncul. Namun jika file yang di hidden/disembunyikan maka tampilannya agak blur seperti gambar dibawah ini

3. Jika sobat ingin menyembunyikan kembali, sobat tinggal hapus centang pada menu View.

Begitulah Cara Menyembunyikan File/Folder pada Sistem Operasi Windows semoga bermanfaat dan pergunakanlah dengan baik yaaa jangan menyembunyikan file yang tidak-tidak atau iya-iya hehehe….

Sampai bertemu pada postingan saya selanjutnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + seven =