Cara Membuat Screenshot atau Foto layar Komputer dengan mudah tanpa Aplikasi Tambahan pada Windows

Cara Membuat Screenshot atau Foto layar Komputer dengan mudah tanpa Aplikasi Tambahan pada Windows – Sebenarnya banyak aplikasi yang menyediakan untuk screenshot atau membuat jepretan foto layar komputer Anda. Apabila Anda ingin menjadikan yang ada di layar Anda menjadi foto seperti screenshot status, game, ingin membuat tugas atau tutorial, dll bisa menggunakan cara ini. Dari pada menggunakan aplikasi tambahan tentunya sangat merepotkan menginstalnya dan membuat lemot laptop Anda. Di Windows ada aplikasi bawaan bernama Snipping Tool atau bisa juga menggunakan Paint.

Sampai saat ini banyak lho yang belum tahu kalau windows mempunyai aplikasi bawaan yang bisa sangat berguna untuk mengerjakan tugas atau membuat tutorial blog seperti saya ini. Dan ternyata banyak yang menggunakan/menginstal lagi aplikasi untuk khusus membuat tangkapan layar komputer dam padahal itu sangat tidak perlu. Memang biasanya aplikasi khusus itu pasti ada menu tambahan seperti mengedit foto,dll namun kenyataannya tidak banyak juga yang terpakai dan di Paint pun bisa sekalian mengedit foto tersebut.

Langsung saja saya beritahu caranya yaitu :

Menggunakan Snipping tool

1. Buka aplikasi Snipping Tool, bisa menggunakan fasilitas Pencarian pada Windows pada pojok kiri bawah dan tulis Snipping Tool dan akan muncul seperti gambar dibawah :

2. Klik New dan layar akan menjadi kabur dan blok bagian yang Anda ingin dibuat screenshotnya. Kemudian akan muncul hasilnya seperti gambar berikut

3. Kemudian pilih icon Save untuk menyimpan gambar dan akan muncul kotak dialog seperti gambar

4. Beri nama filenya dan pilih format filenya lalu klik Save.

 

Menggunakan Paint

Itu adalah jika menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Snipping Tool. Namun menurut saya lebih mudah dan ini merupakan cara favorit saya yaitu menggunakan Paint. Jika sobat menggunakan Paint, sobat bisa sekalian mengedit foto hasil tangkapan layar tersebut seperti crop image, memberikan bingkai, memberikan teks, dan masih banyak lagi. Berikut cara membuat screenshot menggunakan Paint :

1. Pertama yaitu menuju halaman yang Anda ingin buat screenshot dan pencet tombol PRTSC SYSRQ pada keyboard Anda biasanya di sekitar pojok kanan atas.
2. Kemudian buka aplikasi Paint dan pencet tombol CTRL+V maka gambar akan otomatis terpastekan pada Paint dan Anda bisa langsung mengeditnya.
Lalu klik File => Save As untuk menyimpan.

Bagaimana mudah bukan? Cara yang saya berikan saat membuat menggunakan Paint, hampir sama seperti menggunakan software lain seperti Photoshop atau bahkan jika sobat ingin membuat tangkapan layar langsung di paste ke Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Powerpoint dan lain-lain. Sobat hanya tinggal pencet PRT SC SYSRQ pada keyboard laptop/komputer sobat dan secara otomatis sama seperti sobat mengkopi teks tinggal dipaste dimana saja. Anda suka yang mana terserah Anda. Namun menurut saya tetap menggunakan Paint karena bisa langsung diedit dan tidak perlu menginstal lagi. Sekian postingan Cara Membuat Screenshot atau Foto layar Komputer dengan mudah tanpa Aplikasi Tambahan pada Windows dari saya semoga bermanfaat…

Sampai ketemu lagi pada postingan saya selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 16 =